Sabtu, 05 Januari 2008

Pembangunan IT dengan uang 1 trilyun

IT sebagai suatu sarana untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, pelaku bisnis, serta untuk membuat proses pemerintahan menjadi lebih produktif, transparan dan akuntabel atau yang dikenal sebagai e-goverment. selain itu juga untuk mengukur kesiapan suatu negara dalam menghadapi era informasi dimana kegiatan-kegiatan ekonomi, sosial, politik, hukum nantinya akan banyak menggunakan sarana dan prasarana elektronik atau sering kali diistilahkan sebagai e-readiness. hal ini dipergunakan sebagai bahan acuan untuk membuat rencana pengembangan pemanfaatan IT supaya lebih terarah dengan melihat keberhasilan negara lain dalam usaha kearah sana.
Untuk itu, sebuah pemerintah daerah harus membuat blueprint pembangunan TI di daerahnya untuk menjamin pemanfaatan teknologi dapat bermanfaat dan tidak sekedar menjadi cost-center. manfaat dari pemanfaatan blueprint TI pada pemerintah daerah adalah sebagai berikut :
- Memberikan arahan pembangunan TI pada penelolah daerah
- Memandu pemerintah dalam mengelolah potensi daerahnya sehingga menghasilkan nilai perlakuan yang berkelanjutan bagi stakeholder (pemerintah-swasta-masyarakat).
- Memberi kemudahan kepada pemerintah untuk memberikan layanan publik yang terbaik.
- Memudahkan masyarakat memperoleh akses yang cepat dan mudah.
- Meberikan kepastian iklim usaha dan investasi.

Tidak ada komentar: