Selasa, 15 Januari 2008

Soal-Soal UAS

1. Perkembangan teknologi internet dan komunikasi data, membuka peluang perkembangan e- bisnis. keberadaan e-bisnis, menurut Anda :
b. Akan menggantikan semua tata cara bisnis tradisioanal
Dalam penggunaan sehari-hari, e-bisnis tidak hanya menyangkut e-dagang (perdagangan elektronik atau e-commerce) saja. Dalam hal ini, e-dagang lebih merupakan sub bagian dari e-bisnis, sementara e-bisnis meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet (e-pemasaran). Sebagai bagian dari e-bisnis, e-dagang lebih berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-dagang mempunyai goal untuk menambah revenu dari perusahaan.
Sementara itu, e-bisnis berkaitan secara menyeluruh dengan proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama dengan mitra bisnis. E-bisnis memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
c. Berkembang lambat karena tidak ada jaminan keamanan
Dikarenakan banyaknya hacker-hacker yang dapat menggagu keamanan dalam proses bisnis melalui internet. Sehingga sistem keamanan menjadi mudah dirusak dengan cara seperi menyebarkan virus, mengambil nomor rekening, dan lain sebagainya.

2. Menurut Anda 2 hal penting dalam rencana strategis komputerisasi di sebuah perusahaan
c. Antisipasi perkembangan kebutuhan sistem
Jika perusahaan ingin melakukan rencana strategis komputerisasi maka perusahaan tersebut harus siap mengantisipasi adanya perkembangan kebutuhan sistem, sehingga dapat meningkatkan efektifitas sistem dan menghindarkan kegagalan investasi (inefisiensi dan investasi).
d. Antisipasi perkembangan teknologi
Perkembangan teknologi informasi dapat meningkatkan kinerja dan memungkinkan berbagai kegiatan dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat dan akurat, sehingga akhirnya akan meningkatkan produktivitas. Perkem-bangan teknologi informasi memper-lihatkan bermunculannya berbagai jenis kegiatan yang berbasis pada teknologi ini, seperti e-government, e- commerce, e-education, e-medicine, e-e-laboratory, dan lainnya, yang kesemuanya itu berbasiskan elektronika.

3. Dalam era informasi sekarang ini, sudah selayaknya penyelenggara pemerintah didukung oleh teknologi informasi secara penuh. Menurut anda bidang yang harus mendapatkan prioritas adalah :
a. Sistem informasi Kependudukan Nasional
sistem informasi kependudukan dipandang sebagai sistem informasi utama yang harus dikembangkan terlebih dahulu karena agar memudahkan pemerintah dalam mengatasi permasalahan tentang kependudukan. Karena persoalan akibat sistem manajemen kependudukan yang tidak terpadu, selain membuat pemborosan, juga cukup menghambat pelaksanaan perencanaan pembangunan. Karena tidak punya data penduduk miskin yang pasti, ketika pemerintah membuat program pengentasan kemiskinan harus melakukan survei pendahuluan yang butuh waktu dan dana.
b. Sistem pengelolaan anggaran dan pendapatan belanja daerah
Dalam penyusunan anggaran dan pendapatan belanja daerah tahun 2007 ini lebih menitik beratkan pada beberapa hal mendasar diantaranya peningkatan pendapatan masyarakatSelanjutnya meninitikberatkan pada pembangunan infrastruktur khususnya rehabilitasi terhadap kerusakan akibat bencana, pembangunan SDM, pembangunan sosial budaya, pelesatrian lingkungan hidup serta penguatan kelembagaan dan kinerja aparatur.

4. Menurut anda cara efektif dalam pengelolaan sistem informasi pemerintahan mulai dari pusat hingga tingkat kelurahan adalah :
a. Dikelola oleh unit layanan & operasional sistem informasi pemerintahan yang dibentuk disetiap instansi pemerintahan yang secara penuh dijalankan oleh PNS bidang IT
Cara efektif dalam pengelolaan sistem informasi pemerintahan mulai dari pusat hingga tingkat kelurahan adalah dengan menggunakan orang dalam sendiri yaitu Pegawai negri sipil yang memahami bidang teknologi informasi, hal ini dikarenakan jika tugas ini ditangani oleh pihak swasta maka pengelolaan sistem informasi ini akan dikuasainya.
b. Diserahkan pengelolaannya kepada sebuah BUMN di bidang TI, instansi pemerintah adalah pelanggan tetap
Hal ini dikarenakan bahwa negara adalah sebuah organisai besar, terdapat banyak sub organisasi, setiap sub organisasi memiliki beberapa SI dan terdapat lebih dari satu sistem informasi yang bersifat utama yang mendukung secara langsung tugas pokok sub organisasi tersebut.
5. Yang paling cocok dijadikan Backbone SIM Nas adalah
a. sistem informasi kependudukan
Sistem informasi kependudukan dipandang sebagai sistem informasi yang harus dikembangkan terlebih dahulu dan menjadi prioritas utama yang harus dipentingkan.
c. Bank data indonesia
Karena bank data adalah tempat penyimpanan data-data atau arsip-arsip, tetapi tida adanya pengupdate an hanya adanya perubahan. Selain itu bank data juga sebagai basis landasan sistem informasi nasional.

Tidak ada komentar: